Upaya Meningkatkan Skill Santri Melalui Pelatihan Jemari Tali dan Fotografi pada Pondok Pesantren Sahabat Qur’an Habibi

Authors

  • Reni Novia Ilmu Komunikasi; Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Trisnawati Kusumawardhani Ilmu Komunikasi; Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Dede Sulaeman Ilmu Komunikasi; Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

Keywords:

Jemari tali, Keterampilan, ketahanan ekonomi, pelatihan, pemberdayaan

Abstract

Dalam era saat ini, kemajuan disegala bidang, akan menuntut setiap individu memiliki kompetensi baik, soft skill, hardskill, bahkan lifeskill. Pondok pesantren ini berbeda denga pesantren modern, yang menerapkan kurikulum belajar yang memadu padankan ilmu agama dengan ilmu praktis dalam kehidupan. Pondok pesantren Sahabat quran Habibi, fokus mencetak santri – santri yang tahfiz, sampai 30 juz. Sehingga untuk pelatihan – pelatihan keterampilan yang dapat meningkatkan keahlian lainnya sangat diperlukan. Kelompok Kkn 17 memetakan kegiatan dalam bentuk pemberdayaan santri dengan meningkatkan skill mereka, yaitu dengan pelatihan kerajinan atau craft, jemari tali, yaitu membuat gantungan kunci dari rangkaian tali temali, tas, tali masker (conector), mengingat waktu kegiatan pengabdian kepada masyarakat program kkn yang terbatas. Pelaksanaan pelatihan keterampilan ­Softskill dan Hardskill di Pondok pesantren Sahabat Quran Habibi ini, dilakukan selama 4 Minggu, dari dimulai menganalisa kebutuhan peserta, Pelaksanaan, Pengiriman ilmu pengetahuan dan keterampilan, sampai dengan evaluasi pelatihan. Pada proses jemari tali, fotografi tentu diperlukan kreatifitas dan keterampilan yang cukup. Sehingga santri dapat meghasilkan karya usaha baik bentuk tali makrame, ataupun hasil edit foto dan produk fotografi lain, yang dapat berguna.

References

Adnyani, N. K. S., Herliyani, E., & Purnamawati, I. G. A. (2021). Peningkatan Skill Berwirausaha UMKM Tunjung Segara Melalui Penerapan Model Paticipatory Rural Appraisal (PRA). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 321. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39587

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Faizul Aziz, Patni Ninghardjanti, & Susantiningrum. (2018). Pengaruh Keterampilan Kewirausahaan dan Persepsi Peluang Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri 1 Banyudono. https://www.bps.go.id

Muazaroh, S., & Subaidi, S. (2019). Kebutuhan Manusia Dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 17. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1877

Nur Hayana, & Wahidmurni. (2019). Kepemimpinan Kyai Dalam Memberdayakan Kewirausahaan Santri.

Pebriyanti, P., & Patrikha, F. D. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Berwirausaha Siswa Kelas (BBC) Bisnis Daring dan Pemasaran Business Club di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11089–11101.

Rizal, S. S., Afkarina, I., Tillah, N. Q., Asari, A., Sya’diyah, H., Vidyanti, I., & Anggraini, W. (2021). PKM Pemberdayaan Hasil Kreativitas Santri untuk Meningkatkan Perekonomian Pesantren pada Masa Pandemi Covid 19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3). https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2869

Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2126

Shinta Devi Apriliana, Ertien Rining Nawangsari.(2021).Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4).804-812.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Downloads

Published

2023-05-01