Perancangan UI/UX Aplikasi RagaKu Menggunakan Metode Design Sprint
DOI:
https://doi.org/10.53990/jupiter.v5i2.337Keywords:
Aplikasi, Desain Sprint, System Usability Scale, UI/UXAbstract
Olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Namun kehidupan yang sibuk dan keterbatasan waktu adalah dua penyebab utama penurunan aktivitas fisik. Aksesibilitas yang terbatas juga memengaruhi partisipasi dalam olahraga. sehingga dibutuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan tersebut. Dengan merancang UI/UX aplikasi ragaku menggunakan metode desain Sprint yang berisikan panduan diharapkan pengguna dapat berolahraga dengan mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Penggunaan metode desain Sprint digunakan pada penelitian ini karena waktu perancangan yang singkat dan mudah dalam pengumpulan data. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa UI/UX aplikasi RagaKu mendapatkan hasil rata-rata 82 dari hasil pengujian melalui System Usability Scale (SUS). Dengan hasil tersebut UI/UX aplikasi RagaKu dapat dikatakan layak dan dapat diterima.
Downloads
References
Apriliani, P. W., & Sukmasetya, P. (2023). Rancangan User Interface/User Experience Pelacakan Hasil Panen Serai Wangi Menjadi Minyak Menggunakan Metode Design Sprint. Journal of Information System Research (JOSH), 4(2), 346–356. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2375
Daniawan, K. I., Nugroho, W. A., Swarsih, I., & Irianto, S. Y. (2023). Implementasi Metodologi Design Sprint Untuk Membangun Aplikasi Rekam Medis (Studi Kasus : Klinik Rumbia Medical). Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2023, 330–338. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/download/3884/1699
Fajrul, M., Pratama, H., Novito, A., Sano, A., Maulana, A., Michelli, L. M., Haya, S. B., Shafarani, T. R., Fanny, D., & Permadi, H. (2023). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Penyewaan Peralatan Camping Berbasis Mobile. Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media 2023, 3(1), 1–010. https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/158/155
Iqbal, M., Devasela, M. D., & Sutabri, T. (2023). Conceptual Design TanyaAja Startups Connect with Experts Instantly Using the Sprint Method. Jurnal Info Sains : Informatika Dan Sains, 13(03), 651–657. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/InfoSains/article/view/3280
Jaya, N. Y., Novris, M. A. R., & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 152–161. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892
Jocelyn, J., & Sutanto, R. P. (2022). Penerapan Metode Lean UX dan Design Sprint Pada Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Aryanna. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 1–9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12217
Khoirunisa, N. I., & Ramadhani, E. (2022). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 464–472. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4262
Nafisah, J., Suryanto, A. A., & Nurlifa, A. (2023). Perancangan UI/UX Penjualan Tiket Bioskop Online Menggunakan Metode Desain Sprint. Curtina, 08(2), 25–36. http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/1083
Pramuditya, A. C. (2023). Pengujian Usability Pada Prototype Sistem Informasi Pemasaran PT. Prissima Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Teknik Infiormatika, 2(2), 0–5. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v2i2.639
Rachman, R. D. A., Prasetyo, Y., & Guntara, R. G. (2023). Implementasi Metode Design Sprint pada Perancangan User Experience dan User Interface Website PPID untuk PT Pembangunan Perumahan Persero Tbk. Indonesian Journal of Digital Business (IJDB), 3(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/ijdb.v3i2.56836
Rahmy, H. A., & Muslimahayati. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1017
Surahmat, A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Penjualan Pada Percetakan Cubic Art. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 81–86. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6064
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JUPITER : Journal of Computer & Information Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.