Perancangan UI/UX Aplikasi RagaKu Menggunakan Metode Design Sprint

Authors

  • Rizka Ajeng Kartini Informatika, STMIK AMIKOM Surakarta
  • Ina Sholihah Widiati Informatika, STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53990/jupiter.v5i2.337

Keywords:

Aplikasi, Desain Sprint, System Usability Scale, UI/UX

Abstract

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Namun kehidupan yang sibuk dan keterbatasan waktu adalah dua penyebab utama penurunan aktivitas fisik. Aksesibilitas yang terbatas juga memengaruhi partisipasi dalam olahraga. sehingga dibutuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan tersebut. Dengan merancang UI/UX aplikasi ragaku menggunakan metode desain Sprint yang berisikan panduan diharapkan pengguna dapat berolahraga dengan mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Penggunaan metode desain Sprint digunakan pada penelitian ini karena waktu perancangan yang singkat dan mudah dalam pengumpulan data. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa UI/UX aplikasi RagaKu mendapatkan hasil rata-rata 82 dari hasil pengujian melalui System Usability Scale (SUS). Dengan hasil tersebut UI/UX aplikasi RagaKu dapat dikatakan layak dan dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, P. W., & Sukmasetya, P. (2023). Rancangan User Interface/User Experience Pelacakan Hasil Panen Serai Wangi Menjadi Minyak Menggunakan Metode Design Sprint. Journal of Information System Research (JOSH), 4(2), 346–356. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2375

Daniawan, K. I., Nugroho, W. A., Swarsih, I., & Irianto, S. Y. (2023). Implementasi Metodologi Design Sprint Untuk Membangun Aplikasi Rekam Medis (Studi Kasus : Klinik Rumbia Medical). Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2023, 330–338. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/download/3884/1699

Fajrul, M., Pratama, H., Novito, A., Sano, A., Maulana, A., Michelli, L. M., Haya, S. B., Shafarani, T. R., Fanny, D., & Permadi, H. (2023). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Penyewaan Peralatan Camping Berbasis Mobile. Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media 2023, 3(1), 1–010. https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/158/155

Iqbal, M., Devasela, M. D., & Sutabri, T. (2023). Conceptual Design TanyaAja Startups Connect with Experts Instantly Using the Sprint Method. Jurnal Info Sains : Informatika Dan Sains, 13(03), 651–657. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/InfoSains/article/view/3280

Jaya, N. Y., Novris, M. A. R., & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 152–161. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892

Jocelyn, J., & Sutanto, R. P. (2022). Penerapan Metode Lean UX dan Design Sprint Pada Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Aryanna. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 1–9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12217

Khoirunisa, N. I., & Ramadhani, E. (2022). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 464–472. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4262

Nafisah, J., Suryanto, A. A., & Nurlifa, A. (2023). Perancangan UI/UX Penjualan Tiket Bioskop Online Menggunakan Metode Desain Sprint. Curtina, 08(2), 25–36. http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/1083

Pramuditya, A. C. (2023). Pengujian Usability Pada Prototype Sistem Informasi Pemasaran PT. Prissima Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Teknik Infiormatika, 2(2), 0–5. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v2i2.639

Rachman, R. D. A., Prasetyo, Y., & Guntara, R. G. (2023). Implementasi Metode Design Sprint pada Perancangan User Experience dan User Interface Website PPID untuk PT Pembangunan Perumahan Persero Tbk. Indonesian Journal of Digital Business (IJDB), 3(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/ijdb.v3i2.56836

Rahmy, H. A., & Muslimahayati. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1017

Surahmat, A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Penjualan Pada Percetakan Cubic Art. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 81–86. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6064

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Kartini, R. A. ., & Widiati, I. S. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi RagaKu Menggunakan Metode Design Sprint . JUPITER : Journal of Computer & Information Technology, 5(2), 114–126. https://doi.org/10.53990/jupiter.v5i2.337