The PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY & GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI TAHUN 2017-2021
DOI:
https://doi.org/10.53990/balancing.v5i1.477Keywords:
CSR, GCG, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan, Tobins'QAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan sumber data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan dan laporan tahunan perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan sub sektor farmasi dari tahun 2017-2021. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis berganda dengan variabel independent CSR & GCG, variabel dependen Nilai Perusahaan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh nilai koefisien regresi 2,779 dan nilai signifikan 0.009 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0.05, Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 1,384 dan nilai signifikan 0,175 lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0.05, Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 1,624 dan nilai signifikan 0,113 lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0.05. Corporate Social Responbility dan Good Corporate Governance secara bersama-sama berpengaruh terhadap Nilai perusahaan ini dibuktikan pada hasil uji F karena nilai probabilitas/signifikansinya 0,040 < 0,05