Sistem Manajemen Mutu dan Tata Kelola Website Masjid Baitul Huda Pondok Gede Bekasi
Keywords:
ISO 9001:2015, Service quality Standard, Baitu Huda Mosque service quality Standard, ISO 9001:2015 Baitul Huda Mosque StandardAbstract
ISO 9001: 2015 adalah Sistem Standard Mutu yang digunakan untuk pengelolaan organisasi. Masjid sebagai organisasi juga sangat butuh pengelolaan yang rapih sehingga, keadaan yang baik tetap akan baik, walau pengurus akan selalu berganti. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi mengadakan penerapan ISO 9002: 2015 di Masjid Baitu Huda – Pondok Gede Bekasi. Dengan menggunakan observasi dilingkungan masjid, wawancara kepada pengurus masjid serta studi pustaka dan sosialisasi tentang pentingnya ISO 9001:2015 dan bagaimana pelaksaannya dalam pelatihan selama 5 jam bersama stakeholder Masjid Baitul Huda. Hasil yang diharapkan, pengurus dapat mengikuti apa yang sudah dibuat untuk Standard pelayanan yang sudah dibuat.
References
Dian, A. (2013). Sistem Manajemen M Mutu Berdasarkan Iso 9001:2 2008 Di M Masjid Alkbar Surabaya.
Fatah, A., & Saidiman, M. (2019). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2015 Di Masjid Kampus. Sistemik : Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.53580/sistemik.v7i2.22
Jaya, N. M., Yansen, W., Ketut, D. N., & Dewi, S. (2018). Konferensi Nasional Teknik Sipil 12 Batam. September, 349–358.
Lubis, S. F. et. al. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015) pada PT. China Comservice Indonesia. Journal of Applied Probability, 32(1), 10–12.
Ma’sumah, E. N., & Layaman, L. (2019). Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Kepuasan Peserta (Pelanggan) Dengan Mediasi Kualitas Layanan. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 69–78. https://doi.org/10.15408/ess.v9i1.12430
Massie, F. G., & Rahardjo, J. (2019). Evaluasi Efektivitas Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada PT. Wellgan Gemilang. Jurnal Titra, 7(1), 37–42.
Muhlis. (2018). Manajemen Mutu ISO 9001-2008 Pada Baitul Maal Hidayatullah Perwakilan Jawa Timur. Tesis, 1–122.
Witara, K. (2018). Cara singkat memahami sistem manajemen mutu iso 9001:2015 dan implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DAYA ABDIMAS : Dukungan Aktif Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.