Pelatihan Pemanfaatan QRIS Sebagai Media Zakat Infak dan Sedekah

Authors

  • Puti Khairani Rijadi
  • Mufid Habib Mustofa Ekonomi Islam, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Epen Supendi Ekonomi Islam, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

Keywords:

Digitalisasi, PkM, Muhammadiyah

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi (IBM Bekasi) merupakan wujud dedikasi dosen IBM Bekasi pada warga. Selain itu, menjadi bentuk kewajiban dosen IBM Bekasi pada cara mengaplikasikan keahliannya secara global dan nyata. Dalam hal ini, PKM akan digelar pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah-Aisyiyah (PCMA) Bekasi Barat. Aktivitas yang dilakukan berupa sosialisasi pembuatan QRIS menjadi penemuan dalam program ZIS. Hal ini dipandang sinkron menggunakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh PCMA Bekasi Barat, serta juga sinkron dengan perkembangan digitalisasi saat ini. Metode aplikasi dalam dedikasi para dosen kelompok 9 adalah dengan mengarahkan mahasiswa KKN untuk berinovasi dalam teknologi digital buat kegiatan multifaset di PCMA Bekasi Barat. Tujuannya untuk menyampaikan kemudahan dan kelancaran dana ZIS dengan penggunaan QRIS di masyarakat, khususnya di PCMA Bekasi Barat. Hasil dari PkM ini adalah manfaat penggunaan QRIS untuk pengumpulan dana ZIS.

References

Aini, Q., Rahardja, U., & Fatillah, A. (2018). Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. Sisfotenika, 8(1), 47. https://doi.org/10.30700/jst.v8i1.151

Azzahroo, R. A., & Estiningrum, S. D. (2021). Preferensi Mahasiswa dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Teknologi Pembayaran. Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 10. https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2800

Hidayat, Nur, S. P. (2018). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Sungai Panangah Angkatan Xxiii Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1–20.

Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03

Hutagalung, J., Amrullah, A., Saniman, S., Maya, W. R., & Elfitriani, E. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5.0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 151–160.

Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i2.260

Mustajab, Ridhwan. 2023. Ada 28,75 Juta Pengguna QRIS Di Indonesia Hingga Akhir 2022.

Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Strategi Survive UMKM Di Masa Pandemi di Kota Kediri. ISTITHMAR : Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 5(2), 43–62. https://doi.org/10.30762/itr.v5i2.3376

Pangestu, M. G., & Pasaribu, J. P. K. (2022). Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi). Jurnal Manajemen (Jumanage), 1(1), 29–38.

Rohmah, R. S., & Martini, E. (2019). Analisis Niat Konsumen Dalam Menggunakan Qris Di Surakarta Berdasarkan Model Decompossed Theory of Planned Behavior Analysis of Consumer Intention in Using Qris in Surakarta Based on the Decompossed Theory of Planned Behavior Model. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14925

Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.

Wicaksono, P. A., and L. Liddini. 2022. “Sosialisasi Gerakan Non Tunai (Qris) Sebagai Metode Transaksi Modern Masyarakat Maos Lor Kabupaten Cilacap.” Kampelmas 41–46.

Downloads

Published

2023-05-01