https://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/issue/feedINTERPRETASI : Communication & Public Relation2025-04-08T02:16:16+00:00Reni Novia,M.IKom.jurnalinterpretasi@ibm.ac.idOpen Journal Systems<p style="margin: 0cm; text-align: justify;"><strong>INTERPRETASI: Communication & Public Relations</strong> merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, dan diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknik dan Komunikasi Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi. Jurnal memuat hasil penelitian ilmiah dengan tema: Keilmuan Komunikasi, Public Relations, Media Industri, Marketing Pemasaran, sosiologi dan budaya. Jurnal ini terbit dua kali setahun (semester genap terbit bulan Juni dan semester ganjil terbit bulan Desember).</p>https://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/414AKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PT MAKO ANUGRAH KREASINDO DALAM IMPLEMENTASI IKLIM KERJA (STUDI PADA MAKO CAKE & BAKERY CIBINONG CITY MALL) 2025-02-24T01:50:12+00:00Reni Noviareninovia@ibm.ac.idNadella Leonandanadellaleonnd@gmail.comAnna Nurjannahanna.nurjanah@dosen.undira.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengorganisasian Informasi Mako Cake & Bakery Cibinong City Mall dalam implementasi iklim komunikasi organisasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme,dan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, serta menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pengorganisasian informasi yang dilakukan sesuai dengan menerapkan teori informasi organisasi dengan sesuai yakni adanya implementasi dalam lingkungan informasi, ketidakjelasan informasi, aturan, dan siklus dalam organisasi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi perusahaan unuk mengupayakan dan mempertahankan iklim komunikasi organisasi yang baik dengan memanfaatkan informasi komunikasi di dalam organisasi semaksimal mungkin. Peneliti menjelaskan megenai adanya proses pengorganisasin informasi yang terjalin dalam suatu organisasi dengan menerapkan teori informasi organisasi dan konsep iklim komunikasi organisasi yang telah dikaji.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 INTERPRETASI : Communication & Public Relationhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/415GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI PERUSAHAAN(STUDI MANAGER DIVISI FINANCE PT TAJ LOGISTIK INDONESIA)2025-02-24T07:52:58+00:00Putri Rohana DewiPutrirohana12@gmail.comBudi Suswantobudi.suswanto@ibm.ac.idAnna Nurjannahanna.nurjanah@dosen.undira.ac.id<p>Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan suatu pekerjaan pada perusahaan. Apabila tidak ada komunikasi, karyawan tidak akan mengetahui apa yang sedang dilakukan rekan-rekannya, pimpinan tidak dapat menerima masukan informasi dan tidak dapat memberikan instruksi. Seorang pemimpin mempunyai cara dan gaya komunikasi yang berbeda-beda. Gaya komunikasi seorang pimpinan harus sesuai dengan situasi dan kondisi suatu divisi atau perusahaan yang dipimpinnya, sehingga dapat dijadikan alat untuk memotivasi bawahan dan berujung pada peningkatan kinerja dan produktivitas dari bawahannya. Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Gaya Komunikasi Pimpinan dalam mengembangkan inovasi perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tektik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manager Finance menggunakan gaya komunikasi satu arah (<em>The Controling Style</em>) dan gaya komunikasi dua arah (<em>The Equalitarian Style</em>). Gaya komunikasi satu arah sangat sulit untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam mengembangkan inovasi perusahaan. Gaya komunikasi dua arah sangat efektif digunakan dalam <em>Divisi Finance</em>, komunikasi dua arah akan meningkatkan kinerja karyawan. Manager Finance selalu mengharapkan feedback dari bawahannya. Dan dari feedback inilah yang akan menjadi pertimbangan Manager Finance untuk merealisasikan sistem kerja baru dalam mengembangkan inovasi perusahaan</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 INTERPRETASI : Communication & Public Relationhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/417EVALUASI KOMUNIKASI PROGRAM KREASI DIRI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMPIT MUTIARA HIKMAH2025-02-24T11:14:49+00:00Dyah Ayu Putri Lestaridyahaputril2@gmail.comDede Sulaemandede@ibm.ac.id<p>Dewasa ini ditemukan banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan individu, menjadi <br>barometer mundurnya karakter positif, buruknya dunia pendidikan terjadi bukan hanya <br>karena nilai akademik siswa yang buruk, namun juga terjadi karena moral siswanya <br>buruk. Pendidikan karakter tentunya harus selalu diajarkan, ditanamkan, dilatih dan <br>dicontohkan secara konsisten agar kemudian menjadi karakter baik bagi siswa. Tujuan <br>penelitian ini untuk mengetahui proses evaluasi komunikasi pada program KREASI <br>DIRI sebagai upaya dalam pembentukan karakter siswa pada kelas IX SMPIT Mutiara <br>Hikmah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi komunikasi <br>didukung oleh konsep karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif <br>dengan paradigma post postivism. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa serkolah <br>merancang program perndidikan berkarakter sersurai derngan yang digagas olerh <br>SIDIKNAS, dalam perancanagannya serkolah jurga merngikurti targert-targert karakter yang <br>akan dicapai yaitu KRErASI DIRI. Dalam prosersnya, ervalurasi komurnikasi dilaksanakan <br>dalam bernturk rapat perkanan untuk membahas permasalahan yang dihadapi dalam<br>mernjalankan program ini. Gur ur dapat mermahami derngan baik instrurksi ataur informasi <br>yang diberikan, gur ur jurga serlalur merlakurkan permantauran terhadap siswa, gur ur jurga <br>mermiliki kercakapan yang murmpurni dalam berkomurnikasi terhadap orangtura maurpurn <br>sersama gur ur.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 INTERPRETASI : Communication & Public Relationhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/418PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AGEN JNE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN2025-02-25T06:32:02+00:00Didik Priyadididikpriyadi0@gmail.comhamluddinhamluddin@ibm.ac.idZulkarnain Alfisyahrinzulkarnain@ibm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan Agen JNE Graha timur terhadap kepuasan pelanggan bertujuan untuk mengetahui apakah variabel X mempengaruhi variabel Y. hasil dari penelitian ini adanya pengaruh antara kualitas pelayanan Agen JNE Graha Timur terhadap kepuasan pelanggan yang ditunjukkan melalui hasil uji regresi linier sederhana memiliki nilai constanta 7,795 dengan hasil uji hipotesis t yang dilakukan bahwa nilai t hitungnya 11,235 lebih besar dari t tabel dengan nilai signifikan 0,000 dibawah 0,05, dan besaran pengaruhnya dapat dilihat dari koefisian determinasi r2 (square) = 0,674 atau 67,4%. Dengan melihat nilai koefisien determinasi yaitu 0,674 atau 67,4% mendekati angka 1, artinya pengaruh variabel X (Kualitas Pelayanan) terhadap variabel Y (Kepuasan Pelanggan) berada pada kategori kuat.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 INTERPRETASI : Communication & Public Relationhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/432STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU UNTUK MENDORONG PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN TRIDAYASAKTI 02 TAMBUN BEKASI2025-04-08T02:16:16+00:00Budi Suswantobudi_suswanto@ibm.ac.idAlya TamaraAlyatamara12@gmail.com<p>Komunikasi persuasif digunakan sebagai metode untuk memengaruhi atau mengajak seseorang individu dan kelompok untuk berbagai keperluan, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini tentunya akan berdampak pada perilaku siswa, perubahan siswa dari awal acuh tak acuh pada pelajaran menjadi aktif pada saat proses belajar mengajar. Oleh karna itu tentunya akan berdampak pada prestasi akademik siswa. Bagi siswa yang baru memasuki pendidikan sekolah dasar, tidak semua siswa memiliki partisipasi yang tinggi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan pendidikan sebelumnya memiliki proses pembelajaran yang berbeda. Untuk menggunakan komunikasi persuasif, kita perlu menggunakan strategi persuasif khususnya kesan pertama, daya tarik, empati, motivasi, dan membangun kredibilitas. Hal ini menjadikan sebuah tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif guru dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran di SDN Tridayasakti 02. Peneliti melaksanakan penelitian ini menggunakan paradigma Post-positivisme, sedangkan metode yang digunakan penelitian ini metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menyelidiki kondisi, keberadaan tempat, keadaan dan lainnya yang sudah dijelaskan dalam bentuk laporan. Pengumpulan data yang peneliti peroleh dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam meningkatkan partisipasi siswa karena adanya strategi komunikasi persuasif mampu menerapkan proses pembelajaran yang sangat baik.</p>2024-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 INTERPRETASI : Communication & Public Relation