https://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/issue/feedJUPITER : Journal of Computer & Information Technology2025-08-19T07:08:14+00:00Endang Retnoningsih, M.Komjurnaljupiter@ibm.ac.idOpen Journal Systems<p style="margin: 0cm; text-align: justify;"><strong>JUPITER : Journal of Computer & Information Technology</strong> merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, dan diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Komunikasi Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi. JUPITER pertama kali diterbitkan pada Februari 2020 dengan ISSN 2798-6187 (<em>Electronic</em>) dan P-ISSN 2798-3129 (<em>Print</em>). Terbit dua kali setahun (semester Genap terbit bulan Agustus dan semester Ganjil terbit bulan Februari). JUPITER memuat hasil penelitian ilmiah dengan tema Algoritma, Arsitektur Komputer, <em>Artificial Intelligence</em>, <em>Computer Graphics</em>, <em>Digital Forensics</em>, <em>Image Processing</em>, Interaksi Manusia Komputer, <em>Internet of Things</em>, Jaringan, Keamanan Teknologi Informasi, <em>Machine Learning</em>, Teknologi Game, <em>Mobile Computing</em>, Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis, Sistem Operasi, Sistem Pakar, Rekayasa Perangkat Lunak, Robotika, <em>User Experience (UX)</em>,<em> User Interface (UI)</em>, Teknologi Blockchain, dan <em>Wireless Network</em>.</p>https://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/485Pendekatan Multi Model TAM, TTF, Dan ECM Untuk Mengukur Penggunaan AI Dalam Tugas Pemrograman 2025-07-15T09:31:47+00:00Nani Agustinanani.nna@bsi.ac.idEntin Sutinahentin.esh@bsi.ac.idMartinimartini.mtn@bsi.ac.id<p>Saat ini Artificial Intelligent atau AI banyak dikenal dan bahkan dipergunakan pada berbagai kebutuhan. Penelitian bertujuan mengetahui seberapa besar kepuasan mahasiswa dalam penggunaan AI untuk menunjang mata kuliah Pemrograman termasuk kemudahan penggunaan aplikasi dan kepuasan atas jawaban dari aplikasi AI yang dipakai. Populasi diambil dari mahasiswa Sistem Informasi semester 4 sebanyak 110 mahasiswa dan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin dengan menggunakan margin error sebesar 5% sehingga sampel penelitian yang didapat 85 mahasiswa. Mata kuliah Pemrograman sering kali menjadi masalah bagi mahasiswa dalam hal memahami algoritma program dan logikanya. Hal ini akan membuat sebagian mahasiswa menganggap bahwa mata kuliah pemrograman akan menjadi sulit dan kurang semangat dalam mempelajarinya. Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas Pemrograman memanfaatkan berbagai program aplikasi berbasis AI ini. Hal ini akan membantu mempermudah penyelesaian tugas walaupun masih ada beberapa perbaikan atau perubahan untuk penyesuaian dengan konteks tugasnya. Penelitian dilakukan dengan menggabungkan metode TAM, TTF, ECM, pengumpulan data secara kuantitatif dan hasilnya diukur dengan skala Likert menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) didapat 0,085. Dari hasil penelitian menunjukan hasil 8,5%, pada niat mahasiswa menggunakan AI secara terus menerus untuk menyelesaikan tugas pemrograman. Sisanya (91,5%) didapat dari faktor lain di luar model yang diteliti atau tidak dilakukan pengujian di dalam penelitian. Faktor-faktor lain tersebut bisa mencakup aspek eksternal seperti tekanan sosial, ketersediaan alternatif teknologi lain, kebijakan akademik, motivasi intrinsik, atau faktor pengalaman pribadi dalam penggunaan AI.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/444Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN-BPJS Kesehatan Rsud Bantar Gebang Bekasi Menggunakan Metode EUCS 2025-06-23T02:43:38+00:00Nur Alamnur.nra@bsi.ac.idMuhammad Faisalmuhammad.mal@bsi.ac.idRahdian Kusuma Atmajarahdian.kusuma@bsi.ac.idJefijefi.jfi@bsi.ac.idMuhammad Fahmimuhammad.mmf@nusamandiri.ac.id<p>Rumah sakit memerlukan dukungan berupa sumber daya manusia, pendanaan, dan teknologi guna meningkatkan mutu layanan kesehatan. Salah satu inovasi yang mendukung hal tersebut adalah aplikasi Mobile JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pendaftaran, memperbarui data pribadi, mengakses informasi keluarga, serta mencari fasilitas kesehatan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pasien memperoleh layanan meskipun tidak membawa kartu fisik JKN. Namun, implementasi aplikasi ini masih menghadapi beberapa hambatan, seperti kesulitan mengingat saat login menggunakan nomor induk kependudukan, serta permasalahan data pasien yang tidak bisa langsung diperbaiki melalui aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Mobile JKN di RSUD Bantar Gebang dengan menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara variabel Content, Accuracy, Format, dan Ease of Use terhadap variabel Timeliness. Selain itu, hasil uji T secara parsial mengungkap bahwa semua variabel tersebut juga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel User Satisfaction. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi Mobile JKN mampu meningkatkan kepuasan pengguna serta efisiensi dalam mengakses layanan kesehatan di berbagai waktu dan tempat.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/445Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Service Komputer Pada PT. Jasanet Mitra Networking Indonesia Berbasis Web 2025-06-23T02:44:10+00:00Desiana Nur Kholifahdesiana.dfh@bsi.ac.idJefijefi.jfi@bsi.ac.idArif Febrianto11193133@nusamandiri.ac.idOky Kurniawanoky.okw@bsi.ac.id<p>PT. Jasanet Mitra Networking merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa servis perangkat komputer dan didukung oleh teknisi yang berpengalaman. Namun, sistem yang digunakan dalam pendataan barang servis yang masuk dan keluar masih dilakukan secara manual, yaitu dengan pencatatan di buku, sehingga kurang efektif dan efisien. Sistem komputerisasi tidak hanya berperan sebagai media penyimpanan data, tetapi juga sebagai alat untuk mengolah data dan menyajikan informasi yang akurat serta relevan bagi penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berbasis web yang dapat membantu admin, staf, teknisi, dan pelanggan dalam melakukan transaksi, pelaporan, serta memperoleh informasi terkait barang servis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype, karena memungkinkan peneliti merancang antarmuka dan fungsi sistem terlebih dahulu, sehingga dapat meminimalkan kesalahan sebelum sistem dikembangkan secara menyeluruh. Dengan adanya sistem ini, pelanggan memperoleh kemudahan dalam memantau status barang servis, admin dapat lebih mudah mengelola sistem, dan staf teknisi dapat dengan cepat dan akurat mencatat data barang maupun informasi pelanggan. Sebagai hasil utama dari penelitian ini, sistem informasi berbasis web yang dibangun terbukti mampu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kualitas layanan dalam proses pendataan dan pengelolaan barang servis di PT. Jasanet Mitra Networking.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/462Analisis Metadata Analisis Metadata EXIFtool dan Framework NIST Untuk Deteksi Manipulasi Citra 2025-07-02T03:58:02+00:00Nathanael Christian Perkasa Trisuwitanathanael.cpt@gmail.comRyan Putranda Kristiantoryan@ukdc.ac.id<p>Kebocoran informasi perusahaan sering kali disebabkan oleh penyebaran data melalui media digital, termasuk gambar yang tampak biasa namun menyimpan informasi penting di dalam metadata-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metadata gambar digital guna mendeteksi indikasi manipulasi yang dapat menjadi petunjuk atas kebocoran informasi perusahaan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan sampel gambar, analisis metadata menggunakan perangkat lunak ExifTool, dan interpretasi hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metadata gambar dapat mengungkap waktu, lokasi, perangkat yang digunakan, serta riwayat pengeditan gambar yang berpotensi menunjukkan aktivitas manipulatif. Temuan ini membuktikan bahwa metadata merupakan elemen krusial dalam investigasi kebocoran informasi, dan analisis metadata dapat membantu mengidentifikasi sumber serta proses penyebaran gambar manipulatif. Selain itu, penerapan kerangka kerja NIST memberikan struktur sistematis yang dapat dipertanggungjawabkan dalam proses forensik digital. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap pentingnya pengamanan data digital, khususnya metadata gambar, dan mendorong penggunaan alat forensik metadata secara luas dalam praktik keamanan informasi modern.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/511Docker File Untuk Publish Storage Digital dengan Nextcloud pada PT. Telkom Akses2025-08-19T03:46:29+00:00Adhitya Ilham Ramdhaniadhityair@gmail.comSubandrisubandri@ymail.comSabar Hanadwiputrasabar@ubs.ac.idKresno Murti Prabowokresno1991@gmail.comMuhamad Aji Rasyidmuhamadajirasyid@gmail.comIndah Ariyatiindah.ayi@bsi.ac.id<p>Transformasi digital yang cepat dalam industri telekomunikasi mendorong PT. Telkom Akses untuk mengadopsi teknologi kontainerisasi guna meningkatkan efisiensi dan skalabilitas infrastruktur IT mereka. Salah satu teknologi yang digunakan adalah <em>Docker</em>, yang memungkinkan pengemasan aplikasi beserta seluruh dependensinya dalam sebuah kontainer.Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan <em>Cunning Docker File </em>yang dioptimalkan untuk proses publikasi penyimpanan digital di PT. Telkom Akses.Penelitian ini mencakup pembuatan <em>Docker</em> <em>File</em> yang efisien, aman, dan mudah diintegrasikan dengan infrastruktur yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimental dengan pengujian kinerja <em>Docker</em> <em>File</em> pada lingkungan pengembangan dan produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan <em>Docker</em> <em>File</em> yang dioptimalkan dapat mengurangi waktu <em>deployment</em> hingga 40% dan meningkatkan stabilitas aplikasi hingga 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan <em>Docker</em> <em>File</em> yang efisien dapat menjadi solusi yang efektif untuk kebutuhan publikasi penyimpanan digital PT. Telkom Akses.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/516Sistem Monitoring Jaringan Dengan Metode Network Development Life Cycle Di PT Lintas Teknologi Solusindo2025-08-19T06:56:54+00:00Moh Ikbal Baihaqiikbal20102001@gmail.comSlamet Raharjosraharjo@gmail.com<p>Sistem monitoring jaringan sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam memantau kondisi perangkat jaringan secara <em>realtime</em> dan mendeteksi gangguan dengan cepat. Dengan menggunakan <em>Prometheus</em> memungkinkan sistem monitoring dapat mengambil data terkait kondisi perangkat <em>router</em> seperti <em>CPU</em>, status<em> interface</em> dan <em>network traffic</em> melalui <em>Simple Network Management Protocol (SNMP)</em>. Lalu <em>Grafana</em> akan menampilkannya kedalam bentuk visualisasi yang mudah dipahami. Penelitian menggunakan pendekatan metode <em>Network Development Life Cycle (NDLC)</em> yang tahapannya terdiri dari <em>analysis</em>, <em>design</em>, <em>simulation prototyping</em>, <em>implementation</em>, <em>monitoring</em> dan <em>management</em>. Hasil dari penelitian berupa tampilan <em>dashboard</em> dari <em>Grafana</em> yang dilengkapi sistem <em>alert</em> untuk mengirimkan notifikasi pada <em>Telegram </em>terkait kondisi jaringan. Adanya sistem monitoring jaringan diharapkan dapat membuat aktivitas pemantauan jaringan menjadi lebih mudah dan efisien serta mempercepat durasi <em>detection time</em> ketika terjadi gangguan pada jaringan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/518Inovasi Desain Antarmuka Pengguna UI/UX Pada Website Warkop Sarana Dengan Pendekatan Responsif Untuk Meningkatkan Kepuasan Customer2025-08-19T07:00:45+00:00Imam Yuniantoimam@ibm.ac.idMuhamad Fauzi Nurvalimarmohfauzi534@gmail.comMuhammad Zaenal Mutaqinzaenal@ibm.ac.idSaminsamin@ibm.ac.idAde Kurniawanadekurniawan@ibm.ac.id<p>Warkop Sarana merupakan salah satu usaha kuliner yang memerlukan inovasi dalam penyajian informasi menu guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Sistem pemesanan konvensional yang masih menggunakan daftar menu fisik dinilai kurang efisien dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang fitur barcode menu dengan pendekatan desain antarmuka pengguna (<em>UI/UX</em>) responsif pada <em>website</em> Warkop Sarana sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan antarmuka dengan prinsip <em>UI/UX</em> menggunakan pendekatan <em>User-Centered Design</em> (<em>UCD</em>), serta implementasi <em>QUIck Response</em> (<em>QR</em>) <em>Code</em> sebagai media digitalisasi menu. Perancangan antarmuka dilakukan dengan mengacu pada hasil wawancara dan observasi terkait kebutuhan pengguna, sedangkan pengujian dilakukan menggunakan <em>Usability Testing</em> untuk mengukur tingkat kemudahan, efisiensi, dan kepuasan pengguna terhadap sistem yang dikembangkan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/502Prediksi Kualitas Udara di Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Algoritma J48 dan K-NN2025-07-17T05:02:07+00:00Tri Fera Nofitasarichisakomikuyouku@gmail.comJimly Assidqi Hardiansyahjimlykuliah@gmail.comMu’afa Najmi Zainnazmiefg400@gmail.comDiya Ulhaq Jauhri Budiartoulhaqjb@gmail.coDhanar Intan Surya Saputradhanarsaputra@amikompurwokerto.ac.id<p>Pencemaran udara telah menjadi isu lingkungan yang signifikan di Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa dua algoritma klasifikasi, yaitu J48 dan K-Nearest Neighbor (K-NN), dalam mengklasifikasikan data kualitas udara ke dalam kategori “Good” dan “Moderate”. Dataset yang digunakan berjumlah 5822 data yang diperoleh dari Kaggle. Tahapan pre-processing meliputi penghapusan data kosong, normalisasi, dan evaluasi menggunakan teknik 10-fold cross-validation. Hasil penelitian menunjkukan bahwa algoritma J48 memiliki akurasi sebesar 99,95% dengan nilai Kappa Statistic sebesar 0,9988, sedangkan K-NN memperoleh akurasi 98,57%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa J48 lebih andal digunakan dalam klasifikasi kualitas udara, terutama untuk sistem prediksi secara real-time. Penerapan sistem klasifikasi ini sangat penting dalam mendukung upaya pemantauan kualitas udara yang lebih cepat dan akurat, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan yang responsif dalam menangani isu pencemaran lingkungan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/469Pemanfaatan Forensically Beta dan Metadata2go Dalam Analisis Keaslian Foto Digital2025-07-04T08:02:06+00:00Maria Chatrin Bunaenmaria.chatrin@student.ukdc.ac.idRyan Putranda Kristantoryan@ukdc.ac.id<p>Maraknya penyebaran gambar digital di era internet saat ini mendorong perlunya verifikasi terhadap keaslian gambar, terutama untuk mencegah penyebaran hoaks dan pencemaran nama baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis keaslian gambar digital menggunakan dua alat bantu, yaitu Forensically Beta dan Metadata2Go. Forensically Beta digunakan untuk menganalisis elemen visual seperti tingkat error, pencahayaan, pola kloning, dan noise pada gambar. Sementara Metadata2Go mengekstraksi metadata untuk mengetahui informasi tersembunyi dari gambar seperti waktu pembuatan, perangkat, dan riwayat pengeditan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar yang dianalisis telah dimodifikasi dan tidak berasal dari kamera digital secara langsung. Kombinasi dari analisis visual dan metadata terbukti efektif dalam mendeteksi pemalsuan gambar digital secara praktis dan cepat. Temuan ini berkontribusi nyata dalam mendukung proses verifikasi konten visual di dunia jurnalistik, serta dapat dimanfaatkan oleh aparat penegak hukum digital dalam mengidentifikasi bukti manipulasi pada kasus kejahatan siber.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/460Perancangan Jaringan Zero Link Failure pada Layer 22025-07-14T09:13:20+00:00Samuel Aras Michael411211123@mahasiswa.undira.ac.idBoy Yuliadiboy.yuliadi@undira.ac.id<p>Ketersediaan jaringan yang tinggi merupakan kebutuhan utama dalam lingkungan perusahaan modern, namun gangguan akibat kegagalan link sering kali menghambat kelancaran operasional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang jaringan <em>Layer</em> 2 dengan teknologi <em>Spanning Tree Protocol (STP)</em> dan <em>EtherChannel</em> guna mewujudkan konsep <em>zero link failure</em>, yaitu jaringan yang mampu mempertahankan konektivitas secara otomatis ketika terjadi kegagalan link. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimental dengan <em>Cisco Packet Tracer</em> sebagai media pengujian dan analisa lalu lintas jaringan menggunakan <em>Wireshark</em>. Proses penelitian mengikuti tahapan PPDIOO (<em>Prepare</em>, <em>Plan</em>, <em>Design</em>, <em>Implement</em>, <em>Operate</em>, <em>Optimize</em>) yang dimulai dengan analisis kebutuhan jaringan di PT. XYZ, perancangan topologi, hingga simulasi konfigurasi STP dan <em>EtherChannel</em> untuk meningkatkan redundansi dan kapasitas bandwidth. Hasil simulasi menunjukkan bahwa rancangan jaringan ini mampu menjaga konektivitas meskipun terjadi kegagalan pada salah satu jalur fisik dengan waktu pemulihan kurang dari 5 detik, serta meningkatkan kestabilan dan <em>throughput</em> jaringan secara signifikan. <em>Implement</em>asi STP mencegah terjadinya looping, sementara <em>EtherChannel</em> menggabungkan beberapa link fisik menjadi satu link logis yang tahan terhadap kegagalan. Walaupun terbatas pada simulasi, penelitian ini memberikan rekomendasi solusi praktis untuk meningkatkan keandalan jaringan <em>Layer</em> 2 pada skala enterprise. Pengujian lebih lanjut pada perangkat nyata sangat disarankan untuk validasi dan pengembangan <em>Implement</em>asi berikutnya.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/504Optimalisasi Algoritma Popularity-Based dan Rule-Based Recommendation pada Perancangan E-Commerce Ghaza Store2025-07-15T09:55:58+00:00M Zaqi Hidayatmuhammadzaqihidayat@gmail.comKusdarnowo Hantorokusdarnowo@dsn.ubharajaya.ac.idFata Nidaul Khasanahfatanidaul@gmail.com<p>Transformasi digital menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi, termasuk dalam sektor ritel pakaian. Ghaza <em>Store</em>, toko pakaian di Bekasi, masih menggunakan sistem konvensional yang membatasi jangkauan pasar dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan merancang sistem <em>e-commerce</em> berbasis <em>Progressive Web App</em> (PWA) dengan integrasi dua algoritma sistem rekomendasi, yaitu <em>Popularity-Based Recommendation </em>(PBR) dan <em>Rule-Based Recommendation </em>(RBR). Metode pengembangan menggunakan <em>Rapid Application Development</em> (RAD). Algoritma <em>Popularity-Based</em> digunakan untuk menghitung rata-rata <em>rating</em> dan <em>Weighted Rating</em> (WR), sedangkan <em>Rule-Based </em>menggunakan pendekatan <em>fuzzy logic</em> (Mamdani) berdasarkan aturan harga dan kategori. Hasil pengujian menunjukkan fitur sistem berjalan baik, dengan produk terpopuler adalah “Adidas Kaos Katun Combed” (<em>rating</em> 4.8 dan WR 4.64), dan RBR berhasil merekomendasikan produk berdasarkan rentang harga dan kategori yang sama. Penelitian ini memberikan solusi digital adaptif bagi Ghaza <em>Store</em> untuk meningkatkan daya saing dan pengalaman pelanggan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/458Game Edukasi Pengenalan Vitamin pada Buah dan Sayur Untuk Anak-Anak TK2025-06-23T02:46:42+00:00Henri Septantohenriseptanto.undira@gmail.comAri Hidayatullahari.hidayatullah@undira.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi <em>game</em> edukasi untuk memperkenalkan manfaat vitamin pada buah dan sayur kepada anak-anak. Pemahaman tentang manfaat vitamin dalam buah dan sayur penting untuk anak-anak karena bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka. Untuk itu dibutuhkan pendekatan dalam menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Metode pengembangan aplikasiyang digunakan adalah <em>Rapid Application Development</em>. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi desain aplikasi, fitur-fitur aplikasi, lingkungan pembelajaran pemahaman konsep vitamin pada buah, minat mempelajari vitamin, motivasi dalam belajar, serta usia anak dan tingkat perkembangan. Instrumen pengukuran yang digunakan meliputi tes pengukuran, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak TK tentang manfaat vitamin pada buah dan sayur melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif. Luaran penelitian meliputi produk media pembelajaran, HAKI prototype <em>Game</em> Edukasi dan artikel hasil penelitian yang dipublikasikan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/514Sistem Internet of Things untuk Pemantauan dan Pemupukan Otomatis pada Tanaman Pakcoy2025-08-19T06:52:43+00:00Afri Yudhaibnugazali@gmail.comIlyasa Adam Naufalilyasaan@gmail.com<p>Penelitian ini mengembangkan sistem monitoring pertumbuhan tanaman pakcoy berbasis <em>Internet of Things</em> (<em>IoT</em>) dengan menggunakan sensor cahaya, sensor kelembapan tanah, dan sistem otomatisasi pemberian pupuk cair menggunakan <em>Real Time Clock</em> (<em>RTC</em>). Masalah utama yang dihadapi adalah keterbatasan lahan dan sumber daya dalam budidaya pertanian di wilayah urban. Solusi yang ditawarkan mencakup teknologi <em>IoT</em> yang memantau kondisi tanah, pencahayaan, dan pemberian pupuk secara <em>real-time</em> untuk mendukung efisiensi dan keberlanjutan. Sistem ini menggunakan perangkat seperti ESP32, sensor LDR, soil moisture sensor, dan <em>Real Time Clock</em> (<em>RTC</em>). Data dari sistem ditampilkan pada aplikasi Android, yang berfungsi untuk memantau kondisi tanaman secara jarak jauh melalui notifikasi. Pengujian menunjukkan peningkatan efisiensi penyiraman, pemupukan, dan produktivitas tanaman pakcoy. Hasil penelitian membuktikan bahwa sistem ini mampu mendukung pertanian skala kecil di lingkungan urban, sekaligus mengoptimalkan penggunaan sumber daya air dan pupuk secara presisi. Temuan ini menunjukkan bahwa perangkat yang diciptakan dapat mendukung budidaya pakcoy skala kecil di lingkungan urban.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/520Sensor Passive Infrared Receiver dan Ultrasonik Dalam Perancangan Lampu Otomatis2025-08-19T07:08:14+00:00Wafi Arifinwafiarifin0609@gmail.comSugeng Murdowosugengmurdowo0298@gmail.com<p>Konteks rumah ibadah, seperti masjid sering terjadi pemborosan energi listrik akibat lampu yang dibiarkan menyala sepanjang waktu, terlebih pada area kamar mandi atau area wudhu. Hal ini diperburuk oleh pola penggunaan yang tidak teratur serta minimnya kesadaran pengguna untuk mematikan lampu setelah selesai menggunakan kamar mandi. Namun, implementasi teknologi <em>Internet of Things</em> (<em>IoT</em>) di rumah ibadah masih minim karena kurangnya kesadaran teknologi atau kendala biaya. <em>IoT</em> adalah jaringan yang terdiri dari perangkat elektronik yang saling terhubung, memungkinkan pertukaran data dan komunikasi melalui konektivitas pada sebuah sistem yang terintegrasi. Sensor gerak umumnya digunakan untuk mendeteksi kehadiran manusia. Salah satu sensor gerak yakni Sensor <em>Passive Infrared Receiver</em> (<em>PIR</em>), sensor tersebut sangat cocok untuk menciptakan sistem pemantauan jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini yakni mampu merancang sistem kendali lampu otomatis berbasis <em>IoT</em> memanfaatkan sensor gerak yang dapat memberikan suasana ramah lingkungan. Metode dalam penelitian ini dimulai dari analisa kebutuhan, implementasi sistem dan pengujian. Implementasi perangkat keras yang disertai pemrograman menggunakan platform <em>Arduino IDE</em> berhasil merealisasikan logika kendali lampu otomatis sesuai dengan desain sistem melalui integrasi sensor <em>PIR </em>dan sensor ultrasonik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu mendeteksi objek pada jarak tertentu secara akurat serta merespons gerakan tubuh manusia dengan cepat dan tepat.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technologyhttps://ojs.ibm.ac.id/index.php/jupiter/article/view/513Perancangan Sistem Monitoring Kendali Suhu Ruangan Berbasis IoT Dengan Hybrid Fuzzy-PID Control2025-08-19T03:49:15+00:00Yunus Fadhillah Solemanyunus@ibm.ac.idBudi Berlintonbudi.sitorus@umn.ac.idJamaludin Jamaludinjamalthea@gmail.comSyahbaniar Rofiahrsyahbaniar@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem monitoring dan kendali suhu ruangan berbasis Internet of Things (<em>IoT</em>) dengan menggunakan sensor DHT22, modul ESP8266, dan kombinasi kontrol <em>fuzzy</em> dan PID (Proportional-Integral-Derivative). Sistem ini dirancang untuk memantau suhu dan kelembaban ruangan secara real-time dan mengendalikan perangkat pendingin atau pemanas secara otomatis berdasarkan logika <em>fuzzy</em> dan PID. Pengguna dapat memantau dan mengendalikan kondisi ruangan melalui aplikasi berbasis web yang terhubung ke internet. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini efektif dalam menjaga suhu ruangan pada level yang diinginkan, serta memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pengendalian lingkungan ruangan.</p>2025-08-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technology