Game Edukasi Pengenalan Vitamin pada Buah dan Sayur Untuk Anak-Anak TK
DOI:
https://doi.org/10.53990/jupiter.v6i2.458Keywords:
Children, Education, Game, VitaminsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi untuk memperkenalkan manfaat vitamin pada buah dan sayur kepada anak-anak. Pemahaman tentang manfaat vitamin dalam buah dan sayur penting untuk anak-anak karena bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka. Untuk itu dibutuhkan pendekatan dalam menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Metode pengembangan aplikasiyang digunakan adalah Rapid Application Development. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi desain aplikasi, fitur-fitur aplikasi, lingkungan pembelajaran pemahaman konsep vitamin pada buah, minat mempelajari vitamin, motivasi dalam belajar, serta usia anak dan tingkat perkembangan. Instrumen pengukuran yang digunakan meliputi tes pengukuran, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak TK tentang manfaat vitamin pada buah dan sayur melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif. Luaran penelitian meliputi produk media pembelajaran, HAKI prototype Game Edukasi dan artikel hasil penelitian yang dipublikasikan.
Downloads
References
Adrian, Q. J. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1).
Alfiyana, M. (2024). Perancangan Website Untuk Media Pembelajaran Bahasa Jepang Dengan Tema Penggunaan Kata Keterangan Tingkat dan Kuantitas. JITET, 12(2).
Budi, S., & Purnama, B. E. (2010). Perancangan Studio Mini Berbasis Multimedia Universitas Surakarta. Journal Speed, 2(2).
Ellbert, H. (2019). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia. INNOVATICS, 1(2).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYJAT, 3(1).
Pratama, L. D., Wahyu, L., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim Jurnal Pendidikan, 5(1).
Septanto, H., & Dirgantara, B. H. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Animasi Multimedia Untuk Anak-anak TK. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1).
Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Seminar Nasional Cendikiawa, 5.
Simanungkalit, A. P., Putri, N. A., & Tasril, V. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Approval Dismentling NTE Telkom Akses dengan Metode RAD (Rapid Application Development. INDOTECH, 1(1).
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media PembelajaranPendidikan Anak Usia Dini. INFORM, 1(1), 25–32.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Informatika Mulawarman, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.