Mekanisme Penetapan Harga Jual Produk Dan Laba Dalam Pandangan Ekonomi Islam

(Studi Kasus di Minimarket Family Bekasi)

Authors

  • Puti Khairani Rijadi
  • Salma Nur Fadhilah Program Studi Ekonomi Islam Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.53990/dirham.v3i1.163

Keywords:

Penetapan Harga, Penjualan, Profit

Abstract

ABSTRAK

Kesalahan penetapan harga dapat menimbulkan berbagai akibat, penetapan harga yang tidak etis dapat membuat pengusaha tidak menyukai pembeli, bahkan pembeli dapat memberikan reaksi yang dapat merusak reputasi perusahaan. Kutipan yang tidak diminta dari pembeli dapat mengakibatkan penolakan oleh beberapa atau semua pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan dalam observasi, wawancara, dokumen dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menetapkan harga jual suatu produk, home convenience store menggunakan metode price-plus, home convenience store menawarkan harga yang tetap rendah untuk mencapai tujuan penjualan. volume, nilai penjualan, dan pangsa pasar dengan meminimalkan laba, karenanya minimarket Family menerapkan penggunaan mekanisme penetapan harga ganjil. Dan dalam penetapan labanya minimarket Family tidak menentukan batas atas dan batas bawah dari laba yang diperoleh melainkan hanya mengambil margin sebesar 10-15%.

Downloads

Published

2022-01-02