Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional

(Studi Pada Pt Bangun Prima Lestari Kencana Bekasi)

Authors

  • Muhammad Nur Ishak Program Studi Ekonomi Islam Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Robiatul Adawiah Program Studi Ekonomi Islam Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.53990/dirham.v3i1.164

Keywords:

Etika Bisnis, Pedagang, Pasar

Abstract

ABSTRAK

Islam adalah suatu sistem serta jalan hidup yang utuh dan terpadu. Ia memberikan panduan terhadap segala aspek kehidupan yang di antaranya di sektor perniagaan atau penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman etika bisnis Islam di kalangan pedagang pasar baru Bekasi serta bagaimana penerapan etika bisnis Islam di kalangan pedagang pasar baru Bekasi. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung berhubungan dengan obyek yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jumlah sampel pedagang di pasar baru di pasar baru Bekasi adalah 20 responden. Hasil penelitian ini bahwa berdasarkan fakta yang diperoleh dari para pedagang pasar baru sekitar 17 orang atau 85% yang memahami etika bisnis dalam berdagang, 2 orang atau 10% kurang memahami hal tersebut, 1 orang atau 5% yang tidak memahami etika bisnis Islam dalam berdagang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan seorang pedagang harus menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam berdagang sekaligus menempatkan diri sebagai pedagang yang menerapkan kejujuran agar menjadi pebisnis yang berpegang teguh pada etika bisnis Islam.

Downloads

Published

2022-01-02