Penerapan Methode Iqro Dalam Peningkatan Percepatan Kemampuan Membaca Al Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.53990/dirham.v4i1.178Keywords:
Penerapan Pembelajaran Metode IqroAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode Iqro' dengan ustad dan utadzah dalam mengenalkan dan membimbing pembacaan surat al-Qur'an kepada anak-anak dalam Musholla Al Wathoniyah. Sedangkan bentuk penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Dengan mengumpulkan data penelitian dari wawancara, observasi, data dokumenter dan catatan lapangan. Pembelajaran di Mushollah Al Wathoniyah diasuh oleh salah satu ustadz dalam membimbing pembacaan surat hijaiyah dengan Kitab Iqro' dan dilakukan dengan bergiliran satu per satu dengan total santriwan santriwati sebanyak 25 orang sekitar usia 4-5 tahun. Menurut penelitian yang telah kami lakukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran, masih ada kekurangan dan kelemahan yang masih perlu disempurnakan agar mendapatkan hasil yang maksimal.