EFEKTIVITAS DAN KESESUAIAN PROGRAM AMAZING PRICE SECARA SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBIAYAAN

(STUDI PADA GRIYA PT.BANK SYARIAH MANDIRI BEKASI)

Authors

  • Anto Apriyanto Program Studi Ekonomi Islam Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Noval Ramadhan Program Studi Ekonomi Islam Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.53990/dirham.v4i2.213

Keywords:

Pembiayaan, Amazing Price, PT. Bank Syariah Mandiri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis aspek keberhasilan program amazing price dalam upaya menambah jumlah nasabah pembiayaan BSM dan menganalisa aspek pemenuhan dalam prinsip islam dari program ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi,dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa program amazing price mampu menambah perolehan jumlah nasabah griya BSM. Namun dalam prakteknya masih ditemukannya ketidakselarasan dari program ini terhadap fatwa DSN MUI. Hal ini dibuktikan dengan masih didapati hal-hal terkait kaidah keislaman yang belum terpenuhi atas program amazing price. Bila BSM melakukan evaluasi dan melakukan upaya untuk memenuhi seluruh aspek keislaman dari program ini, maka program amazing price dapat lebih diterima masyarakat, khususnya warga bekasi, namun apabila pihak BSM tidak melakukan perubahan apapun maka, hal yang pasti terjadi ialah beroperasinya sebuah produk pembiayaan yang tidak berbasis syariah namun dalam pemasarannya mengatasnamakan sebuah produk berbasis syariah, dan hal ini dapat merugikan konsumen khususnya umat Islam.

Downloads

Published

2023-06-02