PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL WARDAH
DOI:
https://doi.org/10.53990/dirham.v6i2.480Keywords:
Pelabelan Halal, Keputusan PembelianAbstract
Studi ini mengkaji dua aspek utama yaitu: 1) Pengaruh sertifikasi halal pada produk kosmetik Wardah terhadap perilaku pembelian mahasiswi FEB IBM Bekasi angkatan 2019-2021, dan 2) Respons konsumen terhadap kehadiran label halal dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Metode kuantitatif diaplikasikan dengan teknik sampling: purposive sampling (80 responden). Instrumen menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan adalah Regresi linier sederhana menggunakan SPSS v22. Analisis mengungkapkan bahwa hubungan signifikan antara label halal dan keputusan pembelian (sig. 0.000 < α 0.05). Koefisien determinasi (R²) 0.635, menunjukkan 63.5% variansi keputusan pembelian dipengaruhi oleh sertifikasi halal. Persamaan regresi: Y = a + bX (dengan b positif) mengkonfirmasi pengaruh positif label halal.