EVALUASI KOMUNIKASI PROGRAM KREASI DIRI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMPIT MUTIARA HIKMAH

Authors

  • Dyah Ayu Putri Lestari Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Dede Sulaeman Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

Keywords:

Program Kreasi Diri, Pembentukan Karakter, Karakter Siswa, Pendidikan Karakter, Evaluasi Komunikasi

Abstract

Dewasa ini ditemukan banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan individu, menjadi
barometer mundurnya karakter positif, buruknya dunia pendidikan terjadi bukan hanya
karena nilai akademik siswa yang buruk, namun juga terjadi karena moral siswanya
buruk. Pendidikan karakter tentunya harus selalu diajarkan, ditanamkan, dilatih dan
dicontohkan secara konsisten agar kemudian menjadi karakter baik bagi siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui proses evaluasi komunikasi pada program KREASI
DIRI sebagai upaya dalam pembentukan karakter siswa pada kelas IX SMPIT Mutiara
Hikmah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi komunikasi
didukung oleh konsep karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
dengan paradigma post postivism. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa serkolah
merancang program perndidikan berkarakter sersurai derngan yang digagas olerh
SIDIKNAS, dalam perancanagannya serkolah jurga merngikurti targert-targert karakter yang
akan dicapai yaitu KRErASI DIRI. Dalam prosersnya, ervalurasi komurnikasi dilaksanakan
dalam bernturk rapat perkanan untuk membahas permasalahan yang dihadapi dalam
mernjalankan program ini. Gur ur dapat mermahami derngan baik instrurksi ataur informasi
yang diberikan, gur ur jurga serlalur merlakurkan permantauran terhadap siswa, gur ur jurga
mermiliki kercakapan yang murmpurni dalam berkomurnikasi terhadap orangtura maurpurn
sersama gur ur.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Dyah Ayu Putri Lestari, & Dede Sulaeman. (2024). EVALUASI KOMUNIKASI PROGRAM KREASI DIRI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMPIT MUTIARA HIKMAH. INTERPRETASI : Communication & Public Relation, 5(1), 29–40. Retrieved from https://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/417