AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KAMPANYE “TEBAR KEHANGATAN” PT SNAPINDO WARLAB SUKSES

Authors

  • Jamal Ismail Universitas Ary Ginanjar
  • Aminah Swarnawati Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Audit Komunikasi, Kampanye, Hambatan Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Iklim Komunikasi

Abstract

Audit komunikasi diperlukan untuk mengukur efektivitas sistem komunikasi dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model audit komunikasi pada program kampanye “Tebar Kehangatan” PT Snapindo Warlab Sukses, menilai dampaknya, serta mengidentifikasi hambatan yang terjadi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap enam staf di bawah pimpinan cabang Snapy Alam Sutera, Tangerang. Audit komunikasi dilakukan menggunakan model Profil Komunikasi Keorganisasian Pace & Faules yang mencakup variabel kepuasan organisasi, iklim komunikasi, kualitas media, kemudahan perolehan informasi, penyebaran informasi, muatan informasi, kemurnian pesan, dan budaya organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program berjalan solid antara pimpinan cabang dan staf dengan iklim kerja yang suportif. Namun, dampak terhadap pelanggan kurang optimal karena peningkatan penjualan dan kepuasan pelanggan tidak signifikan. Hambatan yang ditemukan adalah hambatan semantik dan hambatan perilaku. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan dalam melakukan evaluasi komunikasi internal guna meningkatkan efektivitas program kampanye.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Ismail, J., & Swarnawati, A. (2025). AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KAMPANYE “TEBAR KEHANGATAN” PT SNAPINDO WARLAB SUKSES. INTERPRETASI : Communication & Public Relation, 2(5), 85–90. Retrieved from https://ojs.ibm.ac.id/index.php/interpretasi/article/view/527