Framing Pemberitaan Perkembangan Artificial Intelligence (AI) Generatif di Media Online Detik.com dan Kompas.com
Keywords:
AI Generatif, Framing, Media Online, Entman, Detik.com, Kompas.comAbstract
Penelitian ini menganalisis kecenderungan framing dengan model analisis framing Robert N. Entman terhadap pemberitaan media online Detik.com dan Kompas.com terkait perkembangan Artificial Intelligence (AI) generatif pada media terkemuka Tanah Air yakni Detik.com dan Kompas.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kedua media mengkonstruksi narasi tentang AI generatif dalam pemberitaannya. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi terhadap 20 artikel berita Detik.com dan Kompas.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media cenderung membingkai pemberitaan tentang AI secara tidak tunggal tapi tetap menekankan narasi pada aspek ancaman dan risiko AI generatif, terutama terhadap lapangan kerja, etika, dan keberlangsungan media itu sendiri. Meski demikian, perbedaannya adalah Detik.com cenderung membingkai AI sebagai ancaman multidimensi yang berpotensi menimbulkan distrupsi pada aspek keamanan individu, ekonomi, dan lingkungan. Sedangkan Kompas.com lebih dominan membingkai AI sebagai sebuah dilema yang menuntut adaptasi manusia. Kedua media sepakat peluang signifikan pada sektor seperti pendidikan dan bisnis. Perbedaan lainnya adalah Detik.com menyorot kelemahan sifat manusia sebagai penyebab masalah, sementara Kompas.com lebih pada perkembangan teknologi sebagai keniscayaan dan kurangnya adaptasi manusia. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemberitaan media arus utama masih cenderung bersifat problem-driven dan berpotensi membentuk persepsi publik yang defensif terhadap teknologi. Oleh karena itu, media diharapkan dapat mengambil peran yang lebih seimbang dan konstruktif dalam menginformasikan isu-isu teknologi masa depan