Pendekatan Multi Model TAM, TTF, Dan ECM Untuk Mengukur Penggunaan AI Dalam Tugas Pemrograman
DOI:
https://doi.org/10.53990/jupiter.v6i2.485Keywords:
AI, TAM, TTF, Tugas Pemrograman, ECMAbstract
Saat ini Artificial Intelligent atau AI banyak dikenal dan bahkan dipergunakan pada berbagai kebutuhan. Penelitian bertujuan mengetahui seberapa besar kepuasan mahasiswa dalam penggunaan AI untuk menunjang mata kuliah Pemrograman termasuk kemudahan penggunaan aplikasi dan kepuasan atas jawaban dari aplikasi AI yang dipakai. Populasi diambil dari mahasiswa Sistem Informasi semester 4 sebanyak 110 mahasiswa dan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin dengan menggunakan margin error sebesar 5% sehingga sampel penelitian yang didapat 85 mahasiswa. Mata kuliah Pemrograman sering kali menjadi masalah bagi mahasiswa dalam hal memahami algoritma program dan logikanya. Hal ini akan membuat sebagian mahasiswa menganggap bahwa mata kuliah pemrograman akan menjadi sulit dan kurang semangat dalam mempelajarinya. Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas Pemrograman memanfaatkan berbagai program aplikasi berbasis AI ini. Hal ini akan membantu mempermudah penyelesaian tugas walaupun masih ada beberapa perbaikan atau perubahan untuk penyesuaian dengan konteks tugasnya. Penelitian dilakukan dengan menggabungkan metode TAM, TTF, ECM, pengumpulan data secara kuantitatif dan hasilnya diukur dengan skala Likert menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) didapat 0,085. Dari hasil penelitian menunjukan hasil 8,5%, pada niat mahasiswa menggunakan AI secara terus menerus untuk menyelesaikan tugas pemrograman. Sisanya (91,5%) didapat dari faktor lain di luar model yang diteliti atau tidak dilakukan pengujian di dalam penelitian. Faktor-faktor lain tersebut bisa mencakup aspek eksternal seperti tekanan sosial, ketersediaan alternatif teknologi lain, kebijakan akademik, motivasi intrinsik, atau faktor pengalaman pribadi dalam penggunaan AI.
Downloads
References
Aida, N. (2024). Statistika Sederhana Bidang Teknik Sipil Dengan Bantuan Excel dan SPSS. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIKA_SEDERHANA_BIDANG_TEKNIK_SIPIL/zMccEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+spss&pg=PR4&printsec=frontcover
Ainiyah, N., Shofiah, N., & Wulandari, A. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI GURU. Jurnal Islamic Education Manajemen, 9(2), 139–152.
Alghaniy, A. M. (2024). Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence Pada Layanan Chatbot Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bandung Raya, Indonesia. International Journal Administration, Business & Organization, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.61242/ijabo.24.337
Armanda, F. I., Pradana, F., & Putra, W. H. N. (2025). ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TUGAS MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT ( TTF ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 12(2), 339–350. https://doi.org/10.25126/jtiik.2025129414
Astuty, N. T., & Anggraini, C. N. (2024). Optimalisasi Penggunaan Chatgpt Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Di Universitas Telkom. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(2), 250–260. http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/indexDOI:http://dx.doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.182
Garasut, N., Wenas, J. R., & Maukar, M. G. (2024). PADA MATA KULIAH PEMODELAN MATEMATIKA. SOSCIED, 7(2).
GintingGinting, T. W., Hita, H., & Freslie, D. (2024). Analisis Kesesuaian Pengguna Aplikasi IAS dengan Metode TTF Pada CV. Multi Jaya Lestar. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 10(1), 42–51.
Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047
Kurniabudi, K., & Assegaff, S. (2018). Model Persepsi Penggunaan Media Sosial pada Perkuliahan dengan Modifikasi Task Technology Fit dan Expectation Confirmation Theory. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 107–114. https://doi.org/10.25077/teknosi.v4i3.2018.114
Kusuma, A. B., & Fauzi, A. (2023). Studi Bibliometrik Topik Riset Task Technology Fit dalam Menunjang Kinerja. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(4), 123–133.
Mutaqin, R., Subroto, E. D., & Warman, C. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN CHAT GPT (AI) DAN MODUL PEMROGRAMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PEMROGRAMAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI, UNIVERSITAS BINA BANGSA. Jurnal Saintifik, 22(1), 1–8.
Ningrum, A. R., Saputra, B. A., Mahardika, Y., & Puspita, N. (2024). ANALISIS PENERAPAN CHATGPT SEBAGAI ALAT BANTU AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KREATIVITAS MAHASISWA. SEMINAR NASIONAL AMIKOM SURAKARTA (SEMNASA) 2024, November, 1376–1384.
Noor Komari Pratiwi, Bambang Yulianto, Mintowati, M., Haris Supratno, Syamsul Sodiq, & Mulyono, M. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt: Peluang dan Tantangan bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Perguruan Tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2727–2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 05(2), 473–476.
Palullungan, D. (2022). Pemodelan Continuance Intention Dalam Kasus Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 15(2), 111–119. https://doi.org/10.30813/jiems.v15i2.3768
Parn, L., Mariyanti, T., & Widyakto, A. (2025). Optimalisasi E-Learning dengan AI Adaptif untuk Pendidikan Inklusif. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 3(2), 168–176.
Prambudi, A. R., & Sinaga, F. M. (2025). PENGGUNAAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PROSES BELAJAR MAHASISWA. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 9853–9860.
Putra, R. A., Andriani, A., Pratama, V. S. P., & Shofa, N. S. (2024). EVALUASI TEKNOLOGI AI PADA CANVA DALAM PROSES PENDUKUNG PEMBELAJARAN MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN TAM. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi (SITASI), 436–445.
Rengganis, R., & Nuryana, I. K. D. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Penggunaan Berkelanjutan terhadap E-Learning UNESA. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 05(03), 150–156.
Suharyo, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045. Humanika, 30(2), 208–217. https://doi.org/10.14710/humanika.v30i2.60563
Suhayat, Y. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Wawan Ilmu. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_PENDIDIKAN/QWu1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Teknik+analisis+deskriptif&pg=PA111&printsec=frontcover
Sulistyaningsih, I., & Nugraha, J. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna Platform Pembelajaran Virtual Learning Unesa (Vinesa) Menggunakan Task Technology Fit (TTF) Dan Technology Acceptance Model (TAM) Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 107–123. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p107-123
Sundoro, D., Syariati, K., & Suardi, C. (2024). STUDI KEPUASAN PENGGUNAAN CHATGPT OLEH PELAKU UMKM DARING DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. JTech, 12(1), 25–30.
Widodo, H. S., & Aziz, R. Z. A. (2023). Usulan Penggunaan Model TAM Dan TTF Untuk Mengevaluasi Sistem BMKGSOFT ( Studi Kasus di Badan Meteorologi , Klimatologi , dan Geofisika Lampung. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2023, 267–276.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.