STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU UNTUK MENDORONG PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN TRIDAYASAKTI 02 TAMBUN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.53990/interpretasi.v5i1.432Keywords:
Strategi komunikasi, komunikasi persuasif, meningkatkan partisipasiAbstract
Komunikasi persuasif digunakan sebagai metode untuk memengaruhi atau mengajak seseorang individu dan kelompok untuk berbagai keperluan, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini tentunya akan berdampak pada perilaku siswa, perubahan siswa dari awal acuh tak acuh pada pelajaran menjadi aktif pada saat proses belajar mengajar. Oleh karna itu tentunya akan berdampak pada prestasi akademik siswa. Bagi siswa yang baru memasuki pendidikan sekolah dasar, tidak semua siswa memiliki partisipasi yang tinggi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan pendidikan sebelumnya memiliki proses pembelajaran yang berbeda. Untuk menggunakan komunikasi persuasif, kita perlu menggunakan strategi persuasif khususnya kesan pertama, daya tarik, empati, motivasi, dan membangun kredibilitas. Hal ini menjadikan sebuah tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif guru dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran di SDN Tridayasakti 02. Peneliti melaksanakan penelitian ini menggunakan paradigma Post-positivisme, sedangkan metode yang digunakan penelitian ini metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menyelidiki kondisi, keberadaan tempat, keadaan dan lainnya yang sudah dijelaskan dalam bentuk laporan. Pengumpulan data yang peneliti peroleh dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam meningkatkan partisipasi siswa karena adanya strategi komunikasi persuasif mampu menerapkan proses pembelajaran yang sangat baik.