STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK PADA SEKOLAH CERDAS UMMAT MADANI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.53990/interpretasi.v2i5.528Keywords:
Komunikasi, Strategi Komunikasi, Beyond Center and Circle Time, Bahasa, KarakterAbstract
Komunikasi merupakan aspek penting dalam pembelajaran. Strategi komunikasi adalah suatu cara atau pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Strategi komunikasi guru merupakan pola komunikasi yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak. Strategi komunikasi guru yang baik dapat membantu anak untuk memahami materi pembelajaran dengan mudah dan menyenangkan, dan dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan sosial maupun emosionalnya. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk membentuk karakter anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan strategi, pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu dengan metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT). Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) untuk membentuk karakter anak pada Sekolah Cerdas Ummat Madani. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendeketan deskriptif dan observasi langsung dengan cara dokumentasi dan wawancara terhadap informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya karakter anak dalam metode pembelajaran BCCT karena adanya strategi komunikasi guru. Strategi komunikasi dalam metode BCCT sangat menguatkan bahasa. Bahasa adalah bagian terpenting dalam komunikasi, bahasa yang digunakan oleh guru merupakan alat bantu utama bagi anak untuk mengembangkan kosakata dan makna. Dengan menerapkan strategi komunikasi yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi anak untuk mengembangkan karakter positif.