Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN-BPJS Kesehatan Rsud Bantar Gebang Bekasi Menggunakan Metode EUCS
DOI:
https://doi.org/10.53990/jupiter.v6i2.444Keywords:
BPJS Kesehatan, EUCS, JKN, RSUD Bantar Gebang, SPSSAbstract
Rumah sakit memerlukan dukungan berupa sumber daya manusia, pendanaan, dan teknologi guna meningkatkan mutu layanan kesehatan. Salah satu inovasi yang mendukung hal tersebut adalah aplikasi Mobile JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pendaftaran, memperbarui data pribadi, mengakses informasi keluarga, serta mencari fasilitas kesehatan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pasien memperoleh layanan meskipun tidak membawa kartu fisik JKN. Namun, implementasi aplikasi ini masih menghadapi beberapa hambatan, seperti kesulitan mengingat saat login menggunakan nomor induk kependudukan, serta permasalahan data pasien yang tidak bisa langsung diperbaiki melalui aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Mobile JKN di RSUD Bantar Gebang dengan menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara variabel Content, Accuracy, Format, dan Ease of Use terhadap variabel Timeliness. Selain itu, hasil uji T secara parsial mengungkap bahwa semua variabel tersebut juga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel User Satisfaction. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi Mobile JKN mampu meningkatkan kepuasan pengguna serta efisiensi dalam mengakses layanan kesehatan di berbagai waktu dan tempat.
Downloads
References
Abidin, A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(2), 70–75.
Ali, A., & Kadafi, M. (2025). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Fitur REHAB pada Aplikasi Mobile JKN dengan Menggunakan Metode UEQ. Terapan Informatika Nusantara, 5(9), 576–584. https://doi.org/10.47065/tin.v5i9.7024
Amin, M. N., Saputra, E., Hamzah, M. L., & Rahmawita, M. (2024). Penerapan Metode EUCS terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1013–1020. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41296
Amir, R., & Lubis, B. O. (2018). Perancangan Program Pengelolaan Data Keuangan Pasien Rawat Jalan Bpjs Pada Rumah Sakit Graha Juanda Bekasi. Jurnal Kajian Ilmu Dan Teknologi, 7(1), 66–77.
Ananda, A. R., & Ikawati, F. R. (2025). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dalam Penggunaan Aplikasi Mobile JKN RS Lavalette Malang. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(3), 3322–3329.
Indah, D. R., & Nurfadillah, N. (2022). Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 08(02), 90.
Jefi. (2019). Prediksi Bayi Lahir Secara Prematur Dengan Menggunakan Metode C.45 Berbasis Particle Swarm Optimization pada Klinik Umi. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(2), 1–7.
Lestari, F. S., Jefi, Oscar, D., Schaduw, F. E., & Wahid, B. A. (2025). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Nadine Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Komputasi, 24(1), 121–128. https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3764
Lins, C. C. dos S. A., Ramos-Perez, F. M. de M., Pontual, A. dos A., Pontual, M. L. dos A., & Nascimento, E. H. L. do. (2021). Digital Oral Radiography. In Digitization in Dentistry (pp. 65–88). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-65169-5_3
Lubis, B. O., Salim, A., & Jefi, J. (2020). Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal SAINTEKOM, 10(1), 65. https://doi.org/10.33020/saintekom.v10i1.131
Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022 (T. Koryati (ed.)). KBM Indonesia.
Schaduw, F. E., Carolina, I., Haidir, A., Lubis, B. O., & Marita, L. S. (2023). Evaluasi Aplikasi Hospitality pada Hotel dengan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE). Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin, 9(1), 361–375.
Silfani, D., Andreansyah, R., Harahap, R. S., Auzi, S., & Purba, S. H. (2024). Literature Riview : Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Pada Klinik Kota Medan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 3349–3356.
Sina, I. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains (A. T. Putranto (ed.)). Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/publications/567675/metodologi-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif-untuk-ilmu-sains
Sodik, Aji, A. M. B., Lubis, B. O., & Susanti, M. (2023). Evaluasi Usability Website LPPI Dengan Pendekatan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 7(2), 269–279. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1044
Tumiwa, F. F., & Musak, R. A. (2024). Analisis faktor mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien bpjs di poliklinik rawat jalan RSU gmim bethesda tomohon. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(4), 168–180.
Widianto, H., Ratnawati, R., & Apriliani, E. D. (2024). Edukasi Pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 123–129. https://doi.org/10.47575/apma.v4i2.653
Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar, 15(2), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUPITER : Journal of Computer & Information Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.