STRATEGI DIVISI CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SKINCARE DERBEAULE MELALUI APLIKASI TIKTOK

Authors

  • Reni Novia Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Firna Hanifa Universitas Dian Nusantara
  • Novida Irawan Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.53990/interpretasi.v2i5.531

Keywords:

Brand Awareness, Tiktok, Skincare, Content Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi divisi Content Marketing dalam meningkatkan Brand Awareness produk skincare Derbeaule melalui aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari divisi Content Marketing PT Esbi BataraNiaga Indonesia serta beberapa pengikut akun TikTok Derbeaule. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi content marketing yang diterapkan telah meningkatkan brand awareness produk Derbeaule di kalangan audiens TikTok. Hal ini dicapai melalui beberapa indikator utama, yaitu kesadaran merek (brand awareness), pengenalan merek (brand recognition), ingatan merek (brand recall) yang didukung oleh strategi engagement interaktif seperti fitur komentar dan stitch, serta preferensi merek (brand preference).Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi content marketing yang berbasis engagement aktif di media sosial, terutamaTikTok, memiliki peran penting dalam meningkatkan brand awareness produk skincare lokal yang baru diluncurkan.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Novia, R., Hanifa, F., & Irawan, N. (2025). STRATEGI DIVISI CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SKINCARE DERBEAULE MELALUI APLIKASI TIKTOK . INTERPRETASI : Communication & Public Relation, 2(5), 106–125. https://doi.org/10.53990/interpretasi.v2i5.531

Most read articles by the same author(s)